Pages

26 September 2008

Pembantu Mudik (Repot Datang)

Halohalo.. gimana puasanya? udah pada batal belom? kalo belom ya alhamdulillah deh..
Lw semua tau kan di Indonesia tuh dari seminggu sebelum lebaran udah ribut-ribut pulang kampung, atau kita sering dengernya M-U-D-I-K. yoyoy, dari kata udik yang artinya kampung. Jadi maksudnya pulang kampung, yaa gw tau lw semua tau artinya mudik. Yaa siapa tau aja ada orang bule baca blog gw, trus ga tau mudik itu apa dan bisa-bisa stress mikirin arti mudik (ga gitu juga sih -_-')

Nah, pembokat gw (eh ga enak didenger)/ pembantu gw (mmm.. kurang dikit)/ mbak gw (okelah, sama aja sih maksudnya =P) tuh pulang kampung juga, kea mbak-mbak lainnya. Gw udah punya pembantu sekitar 7 sampe 8 lah selama ini, dan kebanyakan dari Lampung. Si Bunda ga mau repot-repot nyari pembantu. Jadi, sekalinya dapet.. waktu mudik si mbak-nya di tanyain deh sama bunda, "neng, ada yang mau kerja jadi pembantu ga dari sodara ato temen kamu gitu.. kasih tau saya ya, kalo ada." Dan ternyata, berhasil tuh sampe sekarang. Kita ga pernah kesusahan nyari pembantu (alhamdulillah). Nyariin pembantu buat kerja di rumah mbah/tante/om gitu..

Tanggal tepatnya si mbak Yus (nama mbak gw) pulang! ke rumahnya dia di Lampung, naik kapal, katanya sih 5 jam-an gitu. Abis sholat subuh di Masjid, trus pulang ke rumah gw, si Mbak langsung pamit mau ke Lampung. Huff, dadah mbak.. hati-hati di jalan. Abis itu, kebiasaan gw abis sholat ya biasaa, tidur.

zzzz, udah hening.. sunyi.. senyap, lamaa banget. Dan, PLOK! gw ditampar ama Bunda, "uuhh wassup mom?" gw ngeliat jam deket tempat tidur dengan jarum pendek ke arah angka 9 dan jarum panjang ke arah angka 6, berarti jam setengah sepuluh. "Banguuuun!" oooh, suara yang pengeng! akhirnya gw disuruh mandi dan segalanya, trus tebak ngapain hayoo? nyapu! udah kebiasaan sih, kalo mbak gw pulang, gw ngebantu ngeberesin rumah gitu dee. Kita ber4 mau ngegantiin peran mbak huh. Eh, ber 3 deng, si Afi (adek pembawa kekacauan itu tuh) malah ngerepotin.

Sesi Pertama:
Ayah: Nyuci, Bunda: Nyiram taneman, Gw: Nyapu, Afi: Ngeberesin kamarnya

Sesi Kedua:
Ayah: Nyuci mobil, Bunda: Motong dan ngurus taneman, Gw: Ngepel, Afi: main sama temennya

Sesi Ketiga:
Ayah dan Gw: Jemur pakaian, Bunda: Ngelap-lap, Afi: lempar/muter/mainin pakaian basah (katanya sih mo ngebantu)

Sesi Terakhir:
Ayah dan Gw: Ngangkat pakaian, Bunda: Nyuci piring, Afi: Nyetrika!

Bingung kan kenapa adek gw nyetrika. Soalnya ada pembantu yang disewa Bunda cuman buat nyetrika doang, dan untungnya ga mudik. Jadi adek gw yaa ga bantu apa-apa. huh! Gw tuh paling suka ngebantu di bagian ngepel. kan nge-slide-slide gitu, schiing! (ga gitu juga sih). Lw pernah nonton film cina (aduh cina, jadi keinget post-ing yang sebelumnya) yang kungfu itu, trus ngebersihin kuil gitu, trus jadi jago gitu. Pernah nonton ga? si Ayah nyuruh gw nonton film itu, buat motivasi-in gw biar ngebersiinnya semangat (apa pulaaa itu?!). Ayah gw sih enak.. dia 8 bersaudara ngebersihin rumah yang gedenya ga jauh beda dari rumah gw yang kecil banget. Nah, gw? 2 bersaudara, 1 nya pengacau.. aduuh. Untung aja, my lovely home sweet home itu kecil, dan ga bikin gw repot banget laah. Setidaknya ga bikin gw keausan dan kelaparan gitu. Trus, kata Bunda.. keluarga kita jadi tambah deket dan akrab kalo gini caranya =D

Okee, lanjut. Adek gw favoritnya tuh nyetrika. Kalo nyetrika harus di kamar mbak Yus, dan pake setrikaan tentunya. Dengan alas beberapa seprai tidur dan keset, dia dengan tangan kecilnya dan bertumpuk cucian disetrikanya. Wow, serius banget loh dia, gw aja yang malem-malem gini lagi OL nih.. dia masih nyetrika, emang sih baru stengah jam nyetrika. tapi dia tumben ga takut sendirian di kamar mbak, berarti artinya dia serius dong! yaah paling kadang-kadang manggil, "mas, temenin dedek dong" dan gw males nemenin,huhu jahatnya gw. Oiya, waktu itu kan pernah juga tuh pergi ke tempat mbah gw di Dursa (duren sawit) buat buka puasa sekeluarga, trus si Afi masih nyetrika waktu diajak pergi. eeh dia maksa-maksa, "Bunda, baju-bajunya masih banyak nih, dibawa aja ya ke rumah mbah. yah yah yah? *dengan tampang iba" tapi Bunda gw ga ngebolehin (yaiya laah). Siapa sangka? disana dia nyetrika baju-baju mbah gw tanpa disuruh.

Yaaah gitu deh, kalo ga ada mbak Yus dirumah, REPOT! huaaa.. tapi ada hikmahnya juga, keluarga gw jadi makin akrab dan deket =D
Tapi, mbak Yus semoga cepet pulang dan bisa membuang rasa repot itu loh. Inget! cari duit tuh ga ada yang gampang, harus butuh 3KB! ketekunan berjuang, kesabaran berlebih, keringat bercucuran. inget oke? udah malem banget nih, Afi juga udah selese nyetrika. 3 jam lagi sahur, 9 jam lagi gw on duty (ngeberesin rumah maksudnya)

0 comments: