Pages

16 Agustus 2008

Tipe-tipe Guru

Seperti yang gw janjiin di post sebelumnya, gw bakal nulis tentang tipe-tipe guru.. So, pahlawan tanpa tanda jasa ini sebetulnya punya banyak cara yg (mungkin) efektif untuk belajar. Kadang cara mereka tidak efektif sehingga menimbulkan rasa ngantuk,bosan,kesel, bahkan bisa sampe ngejelekin guru tsb!! oke.. to the point!

Pendiem
tipe guru seperti ini biasanya lebih suka menyuruh muridnya menulis apa yang dia suruh, dan jarang ngomong. Sering meng-acuhkan murid yang sedang mengobrol, dan tidak peduli apa muridnya ngerti apa engga. Contoh: Pak Suradi

Time Stopper
Beuh, nama keren belum tentu beken. Ini guru sbetulnya pasti bikin muridnya bosen dan ngantuk, jadi ga bikin suasana belajar enak dan ngebingungin. Suaranya pelan, KBM juga cuman dia yang ngejelasin dan murid hanya disuruh diam mendengarkan tapi harus ngerti. Nah, makanya itu waktu terasa laaamaaaaaaa banget buat dilewatin, 2 jam pelajaran (90 menit) serasa 1 hari belajar di sekolah, biasanya kalo gw diajarin guru kea gini, biasanya bawa novel/komik/buku pelajaran LAINnya buat dibaca sendiri supaya ngabisin waktu, bahaya banget kalo ga ada ini, gw bisa-bisa tidur! serius!!. Ini tipe guru yang ga gw suka -___- Contoh: Pak Muse dan Bu Haryati

Bodo Amat
Guru ini biasanya mengacuhkan apa yang terjadi dengan barang yang dibuat praktek, atau murid yang sedang praktek terluka. Biasanya dia cuman ngomong "yaudah, kelaas ini ga ada praktek lagi." nah, disaat muridnya kecelakaan kea gw yang saat itu mata kanannya kena air AKI! dan gw dateng ke guru itu, dan dia jawab selon "ooh, hati-hati ntar bisa buta." huoooo ini guru pingin gw pukul, tapi kasian. Jarang senyum dan ketawa, raut muka serem.
Contoh: Bu SriRep

High Loyality Respect
Nah, ni guru biasanya disebut guru setia dan tak kenal lelah untuk mengajar. Biasanya mendiami sekolah itu berabad-abad, eh maksudnya bertahun-tahun. Gw biasanya salut sama guru kea gini, gaji guru tuh ga gede bro! tapi, dia selalu ngejalanin di sekolah yang sama, ngajar murid yang gonta-ganti mulu gara-gara udah lulus. *background music: Terpujilah wahai Guru* Contoh: Bu Radjni, Bu SriRep, Pak Djemi

Always Kidding
Tipe guru ini sebetulnya asik BANGET, tapi oh ternyata tipe ini malah bikin konsentrasi belajar saat itu hilang karena gurunya ngelawaaak mulu, even sering ga lucu : P Trus, nih guru bahaya soalnya biarpun bercanda mulu dia mempunyai jiwa psikopat yang besar, serius. Dia pun tak segan-segan memukuli/menendangi bagian tubuh kita dengan tangannya. Kadang pula dia nyukur rambut kita sampe pitak! kadang juga lebay berlebih ataupun sering bohong. Contoh: Mr.Hafiz, Pak Romli

Aktif & Menarik
Nah, ini nih tipe guru yang paling gw suka. Gw masih bingung, ini guru kelebihan energi atau salah minum obat mulu, abis keliatannya ga pernah ngantuk dan ceria. Ngajarnya asik, jadi gw ga ngantuk dan ngerti apa yang dimaksud. Sering nyoba cara-cara lain buat ngajar, kea bikin power point,presentasi,games,debat dll. Pokokee nih tipe guru favorit gw. Oiya, jarang nemu guru asik yg gini. Contoh: Bu SriNur, Bu Neneng, Pak Yuw, Kak Rizki (ppl doang, tapi keren!)

Ga Ngajar
Oh tentu tipe ini jarang banget ditemuin. Logika deh, namanya aja G-U-R-U pasti tugasnya ngajar, masa' mau gaji buta?! Kasian aja sama muridnya, ditinggal gitu aja eh dia malah makan di warteg, muridnya di suruh main bola atau pergi ke kelas. Sebetulnya sering banget disindir sama guru lain seperti.. "bapak ga mau ya nerima gaji buta, haram hukumnya. sebetulnya ada sih di sini, tapi namanya ga boleh disebut (buset emangnya VOLDEMORT?!) ." atau gini juga "masa' ya nak sekolah kita pernah dibilang low quality gara-gara tamu-nya ngeliat guru yang ga ngajar muridnya, namanya sih ga boleh di sebut. tapi emang bener ada loh!" Biasanya ga ditemukan di sekolah unggulan. Dan kenyataannya gw menemukannya di Smabel, u know who? Yiei! u're right. Ndik,Kahar,Kuli (sebetulnya nama-nama itu cuman satu orang) Uuups, gw lupa nambah kata Pak dibelakangnya : P

Kelebihan
Pendiem: Suasananya jadi enak dan tentram waktu dy ngajar
Time Stopper: Bisa ngerjain PR materi yang belom selese, bahkan menyelesaikan buku komik: P
Bodo Amat: Murid bisa damai sejahtera buat ngobrol sana sini
High Loyality Respect: Murid,guru-guru,kepsek,dll hormat selalu sama dia, bahkan tunduk!
Always Kidding: Secara gitu loh, bercanda dan lawakan pasti murid suka : )
Aktif dan Menarik: Bikin orang ngerti banget materi itu+hiburan karena menarik cara ngajarnya
Ga ngajar: Hohoho, yang suka banget main bola bersyukur jadi dapet waktu berlebih buat main

Kekurangan
Pendiem: Murid yang males belajar dan ngeremehin nih guru/materi bakal jeblok nilainya
Time Stopper: Ngantuk banget jadi ga ngerti, nulis mulu jadi jenggotan deh
Bodo Amat: Murid bisa-bisa meninggal waktu praktek karena didiemin waktu lagi kecelakaan
High Loyality Respect: Ketuaan bisa-bisa ketinggalan jaman dan ngajarnya pasti cara kuno zzz
Always Kidding: Bikin nilai jatoh soalnya waktu KBM dia malah ngelawak/marah mulu
Aktif dan Menarik: Ga ada murid yang sesekali mengobrol karena selalu aktif nih guru
Ga Ngajar: Ga ada kata-kata murid waktu materi ber-guru ini, soalnya cuman main doang

Okay.. itulah tipe guru jaman sekarang. Impian gw sih buat di ajar Oemar Bakrie, cuman ga tau kemana. oiya, gw ga ngejek guru-guru kan? itu emang cara (mungkin) efektif mereka. Eh, ga juga deng, gw ngejek si ndik,kahar,kuli (inget! cuman satu orang nih 3 nama!). huahahaha

0 comments: